Minggu, 13 November 2016

KONSEP KONSEP HARAPAN PELANGGAN



KONSEP KONSEP HARAPAN PELANGGAN

1.      Pengertian Pelanggan
Pelanggan adalah orang-orang atau instansi/lembaga yang membeli dan menggunakan suatu produk secara rutin atau terus menerus. Beberpa pengertian lain tentang pelanggan, yaitu sebagai berikut.
a.       Pelanggan adalah orang-orang yang berhubungan secara langsung atau tidak langsung dengan perusahaan-    perusahaan bisnis.
b.      Pelanggan adalah pengguna barang/jasa yang melakukan pembelian lebih dari satu kali.
c.       Pelanggan adalah mitra bisnis yang sudah lama bekerja sama dengan perusahaan.
d.      Pelanggan adalah bagian yang sangat penting bagi usaha anda.
e.       Pelanggan adalah raja. Oleh karena itu, anda harus selalu menjaga hubungan baik, karena pelangganlah usaha anda dapat berkembang.
f.       Pelanggan adalah pembeli yang setia dengan produk anda.
2.      Pengelompokkan Pelanggan
Pelanggan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
a.      Pelanggan Internal (Internal customer)
Pelanggan internal adalah orang orang yang beradadi dalam perusahaanyang menggunakan produk dan menjadi pelanggan dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri. Pelanggan ini mempunyai pengaruh besar terhadap maju mundurnya perusahaan.
b.      Pelanggan Eksternal (External customer)
Pelanggan eksternal adalah pelanggan yang berasal dari luar perusahaan yang membeli dan menggunakan barang/jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Pelanggan eksternal inilah yang berperan sebagai pelanggan yang sebenarnya atau disebut juga dengan pelanggan akhir.
3.      Jenis-Jenis Harapan/Kebutuhan Pelanggan
Harapan/kebutuhan pelanggan internal tentu berbeda dengan pelanggan eksternal, simak uraian berikut.
a.      Harapan Pelanggan Internal
Harapan pelanggan internal, yaitu sebagai berikut.
·         Selalu menginginkan kebersamaan dan kerja sama yang solid antara sesama karyawan
·         Sistem dan prosedur kerja yang efisien
·         Struktur organisasi yang jelas sesui dengan pekerjaannya masing-masing
·         Mampu menghasilkan kualitas kerja yang baik sesuai dengan harapan pimpinan
·         Memperoleh imbalan yang sesuai dengan tingkat pendidikan dan sesuai dengan standar upah minimum yang telah ditentukan oleh pemerintah
b.      Harapan Pelanggan Eksternal
Harapan pelanggan eksternal, yaitu sebagai berikut
·         Barang dan jasa yang dibutuhkan oleh pelanggan selalu tersedia
·         Pelanggan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh barang/jasa yang dibutuhkan, tidak terjadi penimbunan barang dan kemacetan dalam pendistribusian
·         Harga barang terjangkau oleh pelanggan
·         Tersedia banyaki pilihan atas barang/jasa yang dibutuhkan
·         Penjual senantiasa jujur dalam memberikan informasi mengenai kondisi barang/jasa yang akan dijual
·         Mendapatkan potongan harga
·         Mendapatkan pelayanan purna jual (after sales service)
·         Tidak ada penundaan dalam pengiriman atau pembelian barang

2 komentar:

  1. 5 years ago : youtube : VideoODL.CC - Videoodl.CC
    https://youtu.be/2YOmQkpXNl0. How do you play games like this? This has youtube mp3 become a real nightmare. For those of you that know how to play

    BalasHapus
  2. How to play slots - Dr.Mcd
    Looking for 출장마사지 ways to 고양 출장안마 play slots and 고양 출장안마 enjoy the 제천 출장안마 best casino games? Get started on your own money in real time right here at Dr.Mcd, where 경기도 출장안마 we offer free slots and real

    BalasHapus